Agung Toyota Tabanan – Cuaca panas ekstrem tak hanya berpengaruh pada lapisan cat di bagian luar mobil. Sisi Interior ternyata ikut kena efek, terutama jika terus-menerus terpapar terik sinar matahari. Salah satu bagian yang paling besar terkena imbas cuaca panas esktrem adalah dasbor mobil. Sebab di bagian ini kemiringan kaca sangat landai, membuatnya cukup sering terkena pancaran sinar matahari langsung.

Biasanya bagian dasbor akan lebih cepat mengalami pudar atau retak di beberapa bagian karena panas matahari dibanding bagian lainnya.

Terlebih dasbor mobil-mobil Eropa atau CBU yang biasanya terbuat dari material soft touch, akan lebih cepat mengalami kerusakan dalam kondisi cuaca panas ekstrem. Sebab mobil CBU atau Eropa biasanya tidak diciptakan cukup durable untuk iklim tropis, makanya dasbor mobil-mobil ini umumnya lebih cepat rusak di Indonesia. Solusi paling mudah adalah dengan membiasakan diri parkir di tempat yang cukup teduh, yang terhalang sinar matahari langsung.

Sementara untuk parkir di rumah, usahakan garasi menggunakan penghalang seperti kanopi untuk menghindari efek buruk dari sinar matahari. Kalau sering parkir di luar, jelas harus pake kaca film yang bagus. Terutama untuk bagian windshield atau kaca depan.

Sumber: Kompas

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by